Deskripsi BMC "TOKOPEDIA"


Business Model Canvas (Penerapan di Indonesia) Full Color
Deskripsi Produk
Buku inspiratif sekaligus aplikatif untuk menerapkan Business Model Canvas di Indonesia

> Memahami Business Model Canvas

Buku ini membantu mengenali cara menyusun model bisnis untuk perusahaan/ organisasi Anda dengan cara menyenangkan. Bukan hanya caranya, Anda juga bisa melibatkan sebanyak mungkin karyawan dalam menyusun model bisnis, dengan menggunakan panduan yang disajikan dalam buku ini.

> Ditulis oleh Akademisi, Konsultan, dan Trainer

Penulis dengan beragam latar belakang dan pengalaman membuat analisis yang disampaikan dalam buku ini menjadi unik dan komprehensif.

> Contoh Perusahaan-Perusahaan Terkemuka

Buku ini menyajikan contoh potret model bisnis perusahaan-perusahaan terkemuka dalam beragam industry di Indonesia, seperti Bank Mandiri, Astra Honda Motor, Bangun Total Persada, Garuda Indonesia, dan Air Asia Indonesia.
PT. Tokopedia dengan model bisnisnya online marketplace C2C (consumer to consumer) merupakan salah satu perusahaan internet terbesar dan yang tumbuh tercepat di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa fenomena yang terjadi dalam perusahaan diantaranya untuk mengetahui peluang yang dimiliki Tokopedia yang mendapatkan investasi dari pihak asing melalui perspektif internal, efek investasi asing yang diterima terhadap visinya, rencana penghasilan serta untuk mengevaluasi model bisnis guna merekomendasikan penyempurnaan model bisnis sebelumnya.
Pembahasan fenomena akan dijawab melalui proses wawancara internal serta studi pustaka sebagai pendukung. Sedangkan untuk evaluasi model bisnis akan dilakukan dengan menggunakan metode business model canvas melalui wawancara untuk memetakan kesembilan building block, serta penyebaran kuisioner SWOT pada internal dan eksternal perusahaan yang akan dipetakan pada IPA matrix guna mengevaluasi kinerja dan mengeksekusi peluang yang ada untuk penyempurnaan model bisnis selanjutnya.
Berdasarkan hasil wawancara, pertumbuhan dan peluang pasar yang baik merupakan peluang yang dilihat oleh investor asing dalam menanamkan dananya di Tokopedia, sedangkan efek investasi asing menyebabkan Tokopedia harus bekerja lebih keras dalam mengedukasi masyarakat dalam membangun ekosistem Tokopedia dan rencana penghasilan akan dilakukan melalui upaya monetisasi fitur berbayar dan Top Ads, sedangkan pada evaluasi SWOT model bisnis, IPA matrix menunjukkan tujuh atribut yang memiliki performansi negatif terkait dimensi pendapatan/biaya dan juga pemasaran (channel) yang memang tengah menjadi permasalahan yang dihadapi Tokopedia selain sumber daya manusia.

Berdasarkan hal tersebut, penyempurnaan model bisnis yang baru menghasilkan rekomendasi pada 5 blok bangunan diantaranya key partner, key resources, costumer relationship dan channel. Penelitian selanjutnya mungkin bisa dilakukan analisis yang lebih mendalam mengenai value co-creation yang mungkin diterapkan oleh Tokopedia dengan melibatkan penjual online.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Literasi Digital"

IP ADDRESs