Deskripsi BMC "TOKOPEDIA"

Deskripsi
Produk
Buku
inspiratif sekaligus aplikatif untuk menerapkan Business Model Canvas di
Indonesia
> Memahami Business Model Canvas
Buku ini membantu mengenali cara menyusun model bisnis untuk perusahaan/ organisasi Anda dengan cara menyenangkan. Bukan hanya caranya, Anda juga bisa melibatkan sebanyak mungkin karyawan dalam menyusun model bisnis, dengan menggunakan panduan yang disajikan dalam buku ini.
> Ditulis oleh Akademisi, Konsultan, dan Trainer
Penulis dengan beragam latar belakang dan pengalaman membuat analisis yang disampaikan dalam buku ini menjadi unik dan komprehensif.
> Contoh Perusahaan-Perusahaan Terkemuka
Buku ini menyajikan contoh potret model bisnis perusahaan-perusahaan terkemuka dalam beragam industry di Indonesia, seperti Bank Mandiri, Astra Honda Motor, Bangun Total Persada, Garuda Indonesia, dan Air Asia Indonesia.
> Memahami Business Model Canvas
Buku ini membantu mengenali cara menyusun model bisnis untuk perusahaan/ organisasi Anda dengan cara menyenangkan. Bukan hanya caranya, Anda juga bisa melibatkan sebanyak mungkin karyawan dalam menyusun model bisnis, dengan menggunakan panduan yang disajikan dalam buku ini.
> Ditulis oleh Akademisi, Konsultan, dan Trainer
Penulis dengan beragam latar belakang dan pengalaman membuat analisis yang disampaikan dalam buku ini menjadi unik dan komprehensif.
> Contoh Perusahaan-Perusahaan Terkemuka
Buku ini menyajikan contoh potret model bisnis perusahaan-perusahaan terkemuka dalam beragam industry di Indonesia, seperti Bank Mandiri, Astra Honda Motor, Bangun Total Persada, Garuda Indonesia, dan Air Asia Indonesia.
PT.
Tokopedia dengan model bisnisnya online marketplace C2C (consumer to consumer)
merupakan salah satu perusahaan internet terbesar dan yang tumbuh tercepat di
Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa fenomena yang
terjadi dalam perusahaan diantaranya untuk mengetahui peluang yang dimiliki
Tokopedia yang mendapatkan investasi dari pihak asing melalui perspektif
internal, efek investasi asing yang diterima terhadap visinya, rencana
penghasilan serta untuk mengevaluasi model bisnis guna merekomendasikan
penyempurnaan model bisnis sebelumnya.
Pembahasan
fenomena akan dijawab melalui proses wawancara internal serta studi pustaka
sebagai pendukung. Sedangkan untuk evaluasi model bisnis akan dilakukan dengan
menggunakan metode business model canvas melalui wawancara untuk memetakan
kesembilan building block, serta penyebaran kuisioner SWOT pada internal dan
eksternal perusahaan yang akan dipetakan pada IPA matrix guna mengevaluasi
kinerja dan mengeksekusi peluang yang ada untuk penyempurnaan model bisnis
selanjutnya.
Berdasarkan
hasil wawancara, pertumbuhan dan peluang pasar yang baik merupakan peluang yang
dilihat oleh investor asing dalam menanamkan dananya di Tokopedia, sedangkan
efek investasi asing menyebabkan Tokopedia harus bekerja lebih keras dalam
mengedukasi masyarakat dalam membangun ekosistem Tokopedia dan rencana
penghasilan akan dilakukan melalui upaya monetisasi fitur berbayar dan Top Ads,
sedangkan pada evaluasi SWOT model bisnis, IPA matrix menunjukkan tujuh atribut
yang memiliki performansi negatif terkait dimensi pendapatan/biaya dan juga
pemasaran (channel) yang memang tengah menjadi permasalahan yang dihadapi
Tokopedia selain sumber daya manusia.
Berdasarkan
hal tersebut, penyempurnaan model bisnis yang baru menghasilkan rekomendasi
pada 5 blok bangunan diantaranya key partner, key resources, costumer
relationship dan channel. Penelitian selanjutnya mungkin bisa dilakukan
analisis yang lebih mendalam mengenai value co-creation yang mungkin diterapkan
oleh Tokopedia dengan melibatkan penjual online.
Komentar
Posting Komentar